Kamis, 04 Desember 2008

Ada waktunya

Kata orang; hari kemarin adalah kenangan, hari ini adalah kenyataan, dan hari esok adalah harapan. Ku akui pernyataan itu sangat benar, tapi mengapa sering kali orang lebih menyukai dan memilih hidup di masa lalu? Seringkali orang terlalu nyaman sehingga mereka enggan untuk melepas masa lalunya, mungkin aku adalah salah satu anggotanya.
Kulihat, banyak sekali orang yang hidup dalam masa lalu yang kurang baik, tapi mengapa mereka lebih menyukai untuk terus mengenang masa lalunya daripada melihat kenyataan? Apakah kenyataan hari ini jauh lebih buruk daripada masa lalunya? Ehm... kulihat tidak!!
Sampai saat ini, hal ini masih sangat menjadi dilema. Mungkin yang harus dilakukan sekarang adalah penerimaan diri... kita harus bisa menerima diri kita bahwa saat ini kita sudah hidup di masa kenyataan bulan lagi dimasa kenangan. Mungkin kita harus belajar menerima bahwa segala sesuatu ada waktunya, ada pasang surutnya. Kita tidak pernah bisa memaksakan segala sesuatu. Ada waktu tuk bersuka, ada waktu tuk berduka, ad waktu tuk berdiam, ada waktu tuk bicara dan ada waktu tuk berharap.
Sejujurnya, tidak mudah untukku mengatakan hal ini, aku merasa sedang menampar wajahku sendiri dan menusuk hatiku sendiri, serasa kudengar banyak orang berteriak mengatakan... itu untuk kamu... semakin aku menutup telinga semakin kurasa suara tersebut semakin lantang. Jadi yang kupikir yang harus kulakukan saat ini adalah untukku membuka hati dan pikiran, memulai melangkahkan kaki meninggalkan masa lalu dan menginjakkan kaki pada kenyataan, kurasa itu akan lebih baik. Aku yakin semua butuh waktu dan itu merupakan sebuah proses untukku menjadi sesorang yang lebih baik. Aku yakin saat aku melakukannya engan ikhlas dan penuh dengan syukur aku akan lebih bisa menikmati hidup dan lebih berbahagia.
Hari ini sudah kututup masa laluku, aku tidak tau apakah suatu saat hal yang serupa akan terulang kembali....i dont know....? Apa yang kita rasakan tidaklah salah, yang bisa membuat kita salah adalah bagaimana cara kita meresponnya........ MERDEKA :p







1 komentar:

ary mengatakan...

sebenarnya aku ga bisa komen nih (sambil ngusap air mata dan nyemprot ingus.. hehehe).. kalo menurutku, guna masa lalu adalah untuk belajar, supaya yang buruk tidak terulang dan yang baik jadi lebih baik (halah, klise kan? tapi kadang kita memang butuh yg klise kok..). inilah guna blog bagiku, supaya aku ingat ucapan dan pikiranku... kadang aku bangga dng beberapa posting di blog atau tulisanku.. tapi kadang aku juga malu.. tapi, itulah blog.. itulah hidupku, itulah yg sudah aku lakukan di masa lalu.. kalau ingin menutupinya aku akan bikin posting baru, bikin langkah baru... itulah sebabnya aku tidak mau menghapus posting apapun di blogku, sekalipun ada yg bikin masalah..

btw, produktip tenan nulisnya ya.. salut..


ShoutMix chat widget